Kamis, 06 Agustus 2015

Kista Coklat dan Efeknya pada Tubuh

Kista coklat, sudahkah Anda pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Mungkin bagi Anda kebanyakan masih baru pertama kali membaca tentang istilah “Kista coklat” yang satu ini. Kista coklat ini adalah kista yang terjadi di indung telur kecil, jadi sama seperti kista folikel, di mana umumnya kista ini tak mengakibatkan gejala apapun, jadi Anda tak akan merasakan apapun. Kecuali apabila pecah serta terpuntir, kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit perut muncul, juga disertai distensil dan kaku. Apabila kista sudah tumbuh hingga cukup besar maupun kista dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan rasa tak nyaman muncul pada panggul, selain itu pinggang Anda pun juga akan terasa sakit. Namun rasa sakit ini tak berhubungan dengan aktivitas seksual, selain itu juga akan terjadi pendarahan pada uterus. Mari baca selengkapnya tentang penyakit kista coklat.

Sakit perut akut

Seorang wanita yang menderita kista indung telur ini sudah mengalami pemuntiran, di mana itu bisa menyebabkan rasa sakit perut yang cukup akut. Kista coklat memiliki nama lain Endometriosis, umumnya timbul di dalam waktu permulaan kehamilan, juga diameternya kurang lebih 5 sampai dengan 6 centimeter saja, akan mengakibatkan munculnya rasa tak nyaman di daerah panggul. Apabila kista coklat pecah maka pendarahan pada bagian sisi dalam rongga perut wanita tersebut. Untuk wanita yang tak hamil, efek dari penyakit kista pada penderitanya adalah menjadikan menstruasi terlambat, juga akan diikuti perpanjangan dan pendarahan ireguler.

Cara mencegah Kista Coklat

Semua wanita tentu tak ingin terkena gangguan kista coklat ini. Oleh karena itulah, Anda harus mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Gaya hidup sehat benar-benar dibutuhkan untuk memenuhi kondisi ini. Anda sebaiknya menghindari sering konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, selain itu harus rajin olahraga. Sering-seringlah mengkonsumsi minuman dan makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sebab antioksidan adalah penangkal radikal bebas yang terbaik. Makanan yang dipantang misalnya alpukat, santan, seafood dan fastfood.  Sekian artikel tentang kista coklat dan efeknya pada tubuh seseorang, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar